Friday, June 3, 2016

Mensholati Jenazah FULL

MENSHOLATI MAYYIT

A.   Pendahuluan
Sholat atas Mayyit pertama kali disyariatkan di Madinah asy Syarifah pada tahun yang pertama dari hijroh Nabi Muhammad Saw. Diwaktu itu Nabi Muhammad Saw melaksanakan sholat Janazah di atas kuburannya Barro bin Marur, dan shohabat Nabi yang meninggal di Makkah Musyarrofah sebelum Hijroh Nabi ke Madinah dikubur tanpa disholati termasuk Istri Nabi sendiri yaitu Siti Khodijah.[1]


B.   Hukum Mensholati Mayyit
Sholat Mayyit hukumnya fardhu kifayah selain mayyit yang mati syahid dan bayi yang meninggal keguguran. Untuk bayi keguguran yang sebelum meninggal masih diketahui hidupnya, maka hukumnya tetap fardhu kifayah[2].

C.   Hal-Hal Dalam Mensholati Mayyit
Hal-hal yang berkaitan dengan mensholati mayyit yang perlu diperhatikan meliputi: syarat, rukun, teknis pelaksanaan, serta hal-hal yang disunnahkan ketika mensholati mayyit.

D.   Syarat-Syarat Mensholati Mayit
  1. Mayyit telah selesai dimandikan dan suci dari najis baik tubuh, kafan atau tempatnya. apabila setelah dimandikan dan beum disholati keluar najis dari tubuh mayyit, maka harus dihilangkan terlebih dahulu. Jika keluarnya setelah sholat, maka hukum menghilangkannya adalah sunnah. Namun menurut AR-Romli hukumnya tetap wajib, kecuali najis tersebut terusmenerus keluar, maka mayit tetap disholati sebagaimana sholatny orang hidup yang menderita penyakit tidak mampu menahan kencing (beser). Dan anggota tubuh yang terdapat najis tersebut harus ditutupi lalu mayyit segera di sholati.
  2. Orang yang mensholati (musholi) telah memenuhi syarat_syarat sahnya melaksanakan sholat.
  3. Posisi mayyit yang hadir harus di depan musholi, walaupun sudah dalam qubur.
  4. Jarak antara keduanya (mayit dan musholi ) tidak melebihi 300 dziro (kurang lebih 114 m), jika sholat dilaksakan diluar masjid.
  5. Tidak ada penghalang antara keduanya. Dalam arti seandainya mayyit berada dalam keranda yng ditutup, keranda tersebut tidak boleh dipaku, kecuali jika peleksanaan sholatnya dilakukan di masjid.
  6. Musholi hadir (berada didekat mayit) jika mayit yang disholati tidak ghoib.

E.   Rukun-Rukun Sholat Mayyit
  1. Niat.
Dalam niat diwajibkan untuk menyengaja (Qoshdu) dan menentukan Sholat (Tayin) serta niat fardhu walaupun tidak mengucapkan ‘Kifayah dan tidak disyaratkan menentukan Mayyit yang hadir, tapi yang wajib adalah batas minimum yang dapat membedakan saja, seperti: أصلي على هذا الميت أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى, apabila Mayyit ditentukan ternyata salah maka sholatnya Batal, kecuali disertai dengan Isyaroh, seperti:   أصلي على زيد هذا فرضا / فرض كفاية لله تعالى. Sedangkan untuk mayyit ghoib dalam masalah menentukan namanya dikalangan Ulama masih terdapat khilaf.[3]
  1. Berdiri bagi  yang mampu.
  2. Membaca takbir 4 kali dengan menghitung Taknirotul Ihrom.
Seseorang yang menambah takbirnya menjadi lima atau enam kali baik sengaja atau karena lupa, maka sholatnya tetap sah asalkan dengan penambahan tadi tidak ber-itikad bahwa sholatnya batal. Apabila penambahan ini dilakukan oleh Imam, maka bagi mamum disunnahkan tidak ikut, bahkan mamum boleh salam sendiri, akan tetapi yang lebih utama menunggu hingga Imam salam.[4]
  1. Membaca surat Al-fatihah atau penggantinya bila tidak mampu.
Dalam membaca Fatihah tidak diwajibkan setelah takbir yang pertama (Takbirotul Ihrom), tetapi boleh dilakukan setelah takbir lainnya, hanya saja yang lebih utama dilakukan setelah takbir yang pertama. Dan juga boleh mengkosongkan setelah takbir yang pertama.[5]
  1. Membaca Sholawat (wajib setelah takbir yang kedua).
  2. Mendoakan mayyit (wajib setelah takbir yang ke3).
  3. Salam pertama (wajib setelah takbir yang ke4).
Catatan:[6]
Alasan mengapa pembacaan Fatihah tidak ditentukan setelah takbir yang pertama sedangkan pembacaan Sholawat dan mendoakan Mayyit tertentu pada takbir kedua dan ketiga, karena tujuan dari mensholati Mayyit adalah meminta pertolongan kepada Allah untuk Mayyit, dan tujuan tersebut sudah tercapai dengan mendoakannya sedangkan bacaan Sholawat adalah sebagai wasilah agar diterimanya Doa tersebut, oleh karenanya Ulama Salaf dan Kholaf menentukan keduanya.

F.   Sunnah-Sunnah Sholat Mayyit
  1. Posisi kepala mayyit laki-laki berada disebelah selatan, sedangakan posisi imam atau orang yang sholat sendirian melurusi pada pundak (bahu) mayyit. bila mayyit perempuan maka kepala disebelah utara, sementara posisi imam atau orang yang sholat sendirian sejajar dengan pantat mayyit.
  2. Mengangkat kedua tangan sampai sebatas bahu lalu meletakkan di bawah dada pada setiap takbir.
  3. Mamandang ke arah mayyit namun menurut sebagian Ulama kesunnahannya teap memandang tempat sujud sebagaimana sholat yang lain.
  4. Membaca taawwudz sebeluam fatihah.
  5. melirihkan bacaan taawwudz dan doa.
  6. Tidak membaca doa iftitah.
  7. Meletakkan bacaan fatihah setelah takbir yang pertama.
  8. Tidak membaca surat atau ayat Al-quran, namun jika seorang mamum dalam membaca fatihah mandahului imam, maka dari pada diam lebih baik membaca ayat-ayat Al-quan.
  9. Membaca Hamdalah sebelum membaca sholawat
  10. Membaca Sholawat kepada keluarga Rosulullo SAW. Seperti ;
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد كما صليت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم وبارك على سيدنا محمد وعلى آل  سيدنا محمد كما باركت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد .
  1. Mendoakan orang islam setelah membaca sholawat seperti :
اللهم اغفر للمؤمنين والمؤمنات
  1. Setelah takbir yang keempat dan sebelum salam membaca doa :
اللهم لانحرمنا أجراه(ها) , ولا تفتنا بعده (ها), واغفر لنا وله (ها)
  1. Ketika salam sunnah menambah bacaan: وبركاته .
contoh: السلام عليكم ورحمة الله وبركاته .
  1. Salam yang kedua .
  2. Mensholati mayyit di masjid dan minimal 3 shof (baris) sedangkan minimal yang bisa dibentuk 3 shof adalah 6 orang ditambah satu imam, sabda nabi SAW.
عن مالك بن هبيرة قال رسول الله ص م ما من مؤمن يموت فيصلي عليه أمة من المسلمين يبلغون أن يكونوا ثلاثة صفوف إلا غفر له (رواه الخمسة إلا النسائي)
  1. Mayyit tidak diangkat sebelum disholati.
Catatan :
Bagi orang yang jauh dari tempat mayyit diperbolehkan melakukan sholat ghoib. Yang dimaksud ghoib disini yaitu mayyit tidak berada dalam satu kampung dengan musholi, sedangkan mayyit yang masih satu kampung walaupun tidak berada di sisinya masih dianggap mayyit hadir, Namun menurut pendapat yang unggul seperti yang dinukil oleh imam Syibromulasi dari imam Ibnu Qosim, yang diperhitungkan adalah masaqohnya (kepayahan) dan tidaknya, baik sekampung atau tidak.
G.   Pelaksanaan Sholat Mayyit
1.Niat
a. Untuk mayyit laki-laki yang hadir:
أصلي على فلان (....) أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
Atau:
أصلي على هذا الميت أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
Atau:
أصلي على من حضر من أموات المسلمين أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
Apabila mamumو maka boleh memakai shighot:
أصلي على من صلى عليه الإمام أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
b. Untuk perempuan yang hadir:
أصلي على فلانة (....) أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
Atau:
أصلي على هذه الميتة أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
Atau:
أصلي على من حضرت من أموات المسلمين أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
Apabila mamum boleh memakai sighot:
أصلي على من صلى عليها الإمام أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
c. Untuk mayyit ghoib:
أصلي على فلان (....) أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
Atau:
أصلي على من تصح الصلاة عليه أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
Apbila mamum, maka boleh memakai shighot :
أصلي على من صلى عليه الإمام أربع تكبيرات فرضا / فرض كفاية لله تعالى
2.Takbirotul ihrom, kemudian membaca surat Al-fatihah.
3.Takbir yang kedua, kemudian membaca sholawat
·       Yang pendek:
اللهم صل على سيدنا محمد
·       Atau yang panjang:
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد كما صليت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم وبارك على سيدنا محمد وعلى آل  سيدنا محمد كما باركت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد .
4.Takbir yang ketiga, kemudian membaca do’a.
a. Bila mayit laki-laki dewasa.
·     Yang pendek:
اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه .
·     Atau yang panjang:
اللهم هذا عبدك وابن عبديك خرج من روح الدنيا وسعتها ومحبوبه وأحبائه فيها إلى ظلمة القبر وما هو لاقيه كان يشهد أن لا إله إلا أنت وحدك لا شريك لك وأن سيدنا محمدا عبدك ورسولك وأنت أعلم به . اللهم إنه نزل وأنت خير منزول به وأصبح فقيرا إلى رحمتك وأنت غني عن عذابه وقد جئناك راغبين إليك شفعاء له . اللهم إن كان محسنا فزد في إحسانه وإن كان مسيئا فتجاوز عنه ولقه برحمتك رضاك وقه فتنة القبر وعذابه وافسخ له في قبره وجاف الأرض عن جنبيه ولقه برحمتك الأمن من عذابك حتى تبعثه آمنا إلى جنتك برحمتك يآ أرحم الراحمين .
b. Bila mayit perempuan dewasa
·     Yang pendek
اللهم اغفر لها وارحمها وعافها واعف عنها .
·     Atau yang panjang
اللهم هذه أمتك وبنت أمتك خرجت من روح الدنيا وسعتها ومحبوبها وأحبائها فيها إلى ظلمة القبر وما هي لاقيته كانت تشهد أن لا إله إلا أنت وحدك لا شريك لك وأن سيدنا محمدا عبدك ورسولك وأنت أعلم بها . اللهم إنها نزلت وأنت خير منزول بها وأصبحت فقيرة إلى رحمتك وأنت غني عن عذابها وقد جئناك راغبين إليك شفعاء لها . اللهم إن كانت محسنة فزد في إحسانها وإن كانت مسيئة فتجاوز عنها ولقها برحمتك رضاك وقها فتنة القبر وعذابه وافسخ لها في قبرها وجاف الأرض عن جنبيها ولقها برحمتك الأمن من عذابك حتى تبعثها آمنة إلى جنتك برحمتك يآ أرحم الراحمين .
c. Bila mayit laki- laki masih kecil:
اللهم إجعله فرطا لأبويه وسلفا ودخرا وعظة واعتبارا وشفيعا وثقل به موازنهما وأفرق الصبر على قلوبهما ولا تفتنهما بعده ولا تحرمهما أجراه .
d. Bila mayit perempuan masih kecil:
اللهم إجعلها فرطا لأبويها وسلفا ودخرا وعظة واعتبارا وشفيعة وثقل بها موازنهما وأفرق الصبر على قلوبهما ولا تفتنهما بعدها ولا تحرمهما أجراها .

5.Takbir yang keempat, kemudian sunnah membaca doa:
a. Bila mayit laki-laki:
اللهم لا تحرمنا أجراه ولا تفتنا بعده واغفر لنا وله
b. Bila mayit perempuan:
اللهم لا تحرمنا أجراها ولا تفتنا بعدها واغفر لنا ولها .
6.Salam :  السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

7.Kemudian setelah salam, imam memimpin bacaan tahlil yang disertai persaksian terhadap mayyit, seperti di bawah ini:
1.    الفاتحة 1×
2.    االإخلاص 11×
3.    الفلق 1×
4.    الناس 1×
5.    الفاتحة 1 ×
6.    لا إله إلا الله 11×
7.    دعاء: - الحمد لله رب العالمين اللهم صل على سيدنا محمد وسلم . اللهم تقبل ثواب ما قرأناه إلى هذاالميت\ هذه الميتة
-  اللهم اغفر له\ لها وارحمه \ ها وعافه \ ها واعف عنه \ ها
- اللهم صل على سيدنا محمد وسلم والحمد لله رب العالمين
- أشهدكم على أن هذاالميت \ هذه الميتة خير.........3 ×
- اللهم تقبل شهادتنا  3
- وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين . الفاتحة

H.   Mamum Masbuq Dalam Jamaah Sholat Mayyit
Apabila mamum menemukan Imam sudah melakukan takbir satu kali atau lebih, maka sebaiknya bagi mamum tersebut langsung takbir saja (takbirotul ihrom) dan tidak usah menunggu Imam melakukan takbir berikutnya, kemudian mamum membaca Fatihah. Apabila waktunya tidak cukup untuk membaca Fatihah karena Imam sudah melakukan takbir berikutnya, maka mamum langsung ikut takbir saja bersama Imam. Dan kewajiban membaca Fatihahnya menjadi gugur karena sudah ditanggung oleh Imam. Ketika Imam sudah salam maka wajib bagi Mamum melanjutkan sisa sholatnya sampai selesai sesuai urutan sholat janazah.[7]


PEMBERANGKATAN JENAZAH

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum Mayyit diberangkatkan.

A. Pelepasan Jenazah
Setelah Mayyit disholati, kemudian keranda Jenazah diangkat, setelah itu salah satu wakil dari keluarga memberikan kata sambutan pelepasan jenazah yang isinya sebagaimana berikut:
  1. Ucapan terima kasih kepada Hadirin dan Handai taulan yang telah sudi membantu mengurus Jenazah.
  2. Permintaan maaf kepada Hadirin dan Handai taulan atas kesalahan yang pernah diperbuat Mayyit.
  3. Pemberitahuan tentang pengalihan urusan hutang piutang kepada Ahli waris.
  4. Persaksian atas baik buruknya Amal perbuatan Mayyit.
  5. Sekedar Mauidlotul Hasanah.

B. Cara Membawa (Memikul Jenazah)
  1. Disunnahkan posisi kepala jenazah berada didepan walaupun bukan arah Qiblat.
  2. Jenazah lebih utama dipikul oleh orang laki-laki walaupun jenazahnya perempuan dan memikul jenazah bagi perempuan hukumnya makruh.[8]
  3. Pada dasarnya dalam membawa jenazah diperbolehkan dengan berbagai cara, namun disunnahkan meletakkan jenazah di keranda dengan diusung tiga orang yakni satu orang di depan dan dua yang lain di belakang atau diusung oleh empat orang yakni masing-masing dua orang. Sedangkan yang lebih utama dari dua cara ini ialah yang pertama (diusung tiga orang).[9] Adapun komentar yang mengatakan lebih utama diusung empat orang itu ditentang oleh Syaikh Sulaiman bin Umar dengan alasan ketika orang yang mengusung di depan itu dua orang, maka dikhawatirkan tidak sama dalam kecepatannya sehingga menjadikan dhoror pada Mayyit.[10]
  4. Haram mengusung jenazah dengan hina atau dengan cara yang mengkhawatirkan (khawatir jatuhnya Mayyit).[11]
  5. Bagi orang yang mengusung jenazah disunnahkan berjalan agak cepat karena ada Hadits Imam Bukhori dan Imam Muslim;[12]
أسرعوا بالجنازة فإن تك صالحة فخيرٌ تقدمونها إليه وإن تك سوى ذلك فشر تضعونه عن رقابكم (رواه الشيخان).
  1. Disunnahkan menutup jenazah yang bukan laki-laki dengan sejenis penutup keranda.

C. Cara Mengantar Jenazah
  1. Pengiring jenazah lebih baik berjalan kaki dan berada di depan dekat dengan jenazah sekira menoleh ke belakang bisa melihat jenazah.[13]
  2. Pengantar yang berjalan kaki lebih utama dari pada berkendaraan baik di depan atau di belakang jenazah, sedangkan berjalan kaki di depan jenazah lebih utama dari pada di belakangnya, dan bagi yang berkendaraan di dekat jenazah lebih utama dari pada yang jauh.[14]
  3. Ketiaka pengantar jenazah ada yang berjalan kaki dan ada yang berkendaraan, maka bagi pejalan kaki sebaiknya ada di depan jenazah atau setidaknya ada di kanan kiri jenazah. Sedangkan pengendara di belakang jenazah.[15]
  4. Makruh berbicara (ramai/ gaduh) dan sunnah tafakkur (memikirkan) tentang kematian dan sesudahnya, menurut Imam Al Qolyubi juga makruh mengeraskan suara dengan membaca Al Quran, dzikir dan sholawat kepada Rosululloh Saw, akan tetapi menurut Imam Al Madabighi tidak makruh untuk masa sekarang karena itu termasuk syiar bagi Mayyit dan meninggalkannya termasuk menghina bagi Mayyit.[16]
  5. Makruh bagi perempuan mengantarkan jenazah.[17]
  6. Makruh mengiring jenazah dengan api atau dupa kecuali ada kebutuhan, seperti; untuk menerangi prosesi penguburan pada malam hari atau menolak bau yang tidak sedap.[18]
  7. Sunnah menunggu sampi Mayyit selesai dikuburkan, karena ada hadits;[19]
من شَيَّعَ جنازة إلى المسجد فله قيراط في الأجر فإن وقف حتى تدفن فله قيراطان والقيراط مثل جبل أحد.



PEMAKAMAN JANAZAH[20]

Tempat pemakaman minimal terdiri dari dari lubang yang bisa menyimpan bau mayyit dan serangan binatang buas. Maksimal terdiri dari lubang yang dalamnya kira-kira empat dziro setengah (dua meter lebih).
Dalam penguburan mayyit dikenal dua jenis liang kubur:
1. Liang cempri: yaitu liang kubur yang tengahnya digali (seperti menggali sungai), hal ini lebih diutamakan bagi tanah yang gembur.
2. Liang Landak: yaitu liang kubur yang sisi sebelah baratnya digali sekira cukup untuk mayyit, hal ini lebih diutamakan bagi tanah yang keras.
Kemudian proses pemakaman sebagaimana berikut:
a. setelah jenazah sampai di tempat pemakaman, keranda diletakkan di arah posisi peletakan kaki Mayyit (untuk Indonesia pada arah selatan kubur).
b. Kemudian, jenazah dikeluarkan dari keranda dimulai dari kepalanya lal diangkat dalam posisi agak miring dan kepala menghadap qiblat dengan pelan-pelan.
c. Kemudian diserahkan pada orang yang ada di dalam kubur yang sudah suap-siap untuk menguburkannya. Hal ini bisa dilakukan oleh tiga orang : yang pertama bertugas menerima bagian kepala, orang kedua bagian lambung dan orang ketiga bagian kaki. Bagi orang yang menyerahkan Jenazah disunnah kan membaca doa:[21]
اللهم افتح أبواب السماء لروحه وأكرم منزله ووسع له في قبره.
Dan bagi yang meletakkan disnnahkan membaca doa:
بسم الله وعلى ملة رسول الله ص م .
Untuk lebih sempurnanya ditambah dengan doa:
اللهم أسلمه إليك الأشخاص من والده وأهله وقرابته وإخوانه وفارق من كان يحب قربه وخرٍّج من ساعة الدنيا والحياة إلى ظلمة القبر وضيقه ونزل بك وأنت خير منزول به وإن عاقبته فذنب وإن غفرت عنه فأنت أهل العفو أنت غني عن عذابه وهو فقير إلى رحمتك يا أرحم الراحمين.
Catatan:
Untuk permasalahan memasukkan jenazah hendaknya diserahkan kepada orang-orang yang sudah ahli dalam tatacara pemakaman.

d. Kemudian Jenazah diletakkan pada tempat tersebut (dasar makam) dengan posisi menghadap (miring) kearah kiblat serta kepala diarah utara. Tali-tali, terutama yang ada pada bagian atas, supaya dilepas agar wajah Jenazah terbuka, kemudian pipi Jenazah ditempelkan pada tanah,  belakang tubuh mayyit (punggung diganjal bata mentah atau tanah yang keras yang telah dibulatkan supaya tidak membalik. Setiap bata mentah atau tanah yang keras yang telah dibulatkan disunnahkan dibacakan surat al-Qodr  sebanyak 7 kali.[22]
e. Kemudian salah satu diantara pengiring membaca adzan dan iqomah di dalam qubur sedangkan lafazhnya sama dengan adzan dan iqomah dalam sholat. Kemudian di atas mayit ditutup dengan papan dan lubang-lubangnya ditutup dengan bata atau tanah. Khusus untuk liang landak, lubang yang ada di dalamnya ditutup dengan tanah atau bata.
f. Setelah liang kubur ditutup dan sebelum ditimbun tanah, bagi pentaziah (orang sekililing) disunnahkan dengan kedua tangannya untuk mengambil tiga genggam tanah bekas penggalian kubur kemudian menaburkannya kedalam kubur melalui arah kepala Mayyit. Pada taburan pertama sunnah membaca:[23]
منها خلقناكم اللهم لقنه عند المسألة حجته .
Pada taburan kedua :
وفيها نعيدكم اللهم افتح أبواب السماء لروحه
Pada taburan ketiga :
ومنها نخرجكم تارة أخرى اللهم جاف الأرض عن جنبيه .
g. Kemudian liang qubur ditimbun dengan tanah sampai   kira-kira setinggi satu jengkal dari bumi dan disunnahkan memasang dua nisan (satu lurus di atas kepala dan yang satunya lurus di atas kaki.
h. Setelah sempurna menimbun disunnahkan membaca doa:
اللهم عبدك رد إليك فارأف به وارحمه اللهم جاف الأرض عن جنبيه وافتح أبواب السماء لروحه وتقبل منه بقبول حسن اللهم إن كان محسنا فضاعف له في إحسانه وإن كان مسيئا فتجاوز عنه.
i. Mayit yang sudah mukallaf sunnah dibacakan talqin[24]. Orang yang membacakan talqin duduk di depan quburan (di samping kepala quburan sebelah barat menghadap ke timur), sementara para hadirin sunnah berdiri. Dan dalam talqin ini disunnahkan untuk diulangi 3 kali.
j. Selesai pentalqinan pihak keluarga dan para pentakziah sebaiknya tidak bergegas pulang, akan tetapi tinggal dulu sebentar untuk mendoakan mayyit agar dipermudah oleh Alloh SWT untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh malaikat munkar nakir.
k. Kemudian para pentakziyah pulang dengan segala cara.




[1] Syarqowi II / 340.
[2] Ianatuth Tholibin, Daar al-Fikr II / 124.
[3] Al Bajuri I / 249.
[4] Ianatuth Tholibin, Daar al-Fikr II / 142.
[5] Al Bajuri I / 251.
[6] Ibid.
[7] Al Bajuri I / 250
[8] Nihayah Az Zain 158
[9] Ibid 152
[10] Bujairomi ‘alal Manhaj, I / 468.
[11] Nihayah Az Zain 152
[12] Bujairomi ‘alal Manhaj, I / 469 – 470
[13] Ibid 469
[14] Nihayah Az Zain 153
[15] Bujairomi ‘alal Manhaj, I / 469
[16] Nihayah Az Zain 153
[17] Al Muhaddzab, I / 189
[18] Nihayah Az Zain 153
[19] Ibid
[20] Al Bajuri, I / 256
[21] Nihayah Az Zain, 154
[22] Ianatuth Tholibin, Daar Al Ihya II / 119
[23] Ibid
[24] Shigot talqin bisa dilihat di buku kami Tajhizul mayyit

No comments:

Post a Comment